Mengenal Copywriting dalam Dunia Internet Marketing

Mengenal Copywriting dalam Dunia Internet Marketing

Beberapa pekan yang lalu, Saya mengikuti National Boot Camp besutan mas Riyeke Ustadiyanto. Para internet marketer Nasional berkumpul di Bali dan saling update ilmu. Saya yang termasuk awam di dunia internet marketing cukup berkerut dan loading berat atas pembahasan di workshop tersebut.

Se awam-awamnya Saya, alhamdulillah Saya mendaptkan kata kunci yang akhirnya Saya gunakan hingga saat ini: NATURAL.

Dahulu, seorang penunggang Search Engine Optimation (SEO) masih bisa menggunakan web tanpa konten untuk menjebak mesin pencari google. Sebuah web sampah bisa hadir di halaman pertama. Mereka berhasil menipu google. Namun, setelah google memperbaiki algoritmanya, web-web sintetik itu kemudian ditembak bahkan tidak bisa eksis di mesin pencarian: NATURAL.

Setelah bahasan copywriting, Saya mengikuti bahasan dari OmKicau pemilik blog yang mengkhususkan diri dalam membahas burung. Dengan traffic puluan ribu user identik per bulan, penghasilan blog dalam menjual aneka suplemen burung terbilang fantastis. Lagi-lagi Saya menemukan bahwa OmKicau memilih setia untuk memberikan konten edukasi yang natural setiap harinya. Dan membiarkan Web bertumbuh secara organik.

Dan banyak lagi temuan Saya di pelatihan itu, yang membawa Saya pada sebuah pemahaman mendasar : bahwa untuk menang di dunia internet marketing, Anda harus menjadi seorang Naturalis. Natural dalam berinteraksi, membangun konten dan akhirnya terjadi raving fans. Lama memang, namun akan sangat kuat.

Salah satu senjata dalam dunia marketing online adalah CopyWriting. Di wikipedia, copywriting dijelaskan sebagai isi dalam sebuah online media atau cetak yang biasa digunakan untuk iklan dan penjualan. Copywriting dibangun untuk merayu orang sehingga mengambil sebuah tindakan khusus : mendaftar, membeli dan bertransaksi.

Selengkapnya, definisi tentang copywriting telah saya print screen langsung dari wikipedia.

Dalam membangun copywriting, Saya awalnya mengacu pada Easy Copywriting nya mas Dewa Eka Prayoga. Sebuah buku yang merangkum bagaimana membuat sebuah copywriting yang memiliki tingkat konversi penjualan yang tinggi.

Namun ketika lebih dalam bertemu Dewa, beliau mengajarkan hal yang lebih dalam,

Belajar teknik itu OK, tapi yang paling penting itu natural kang. Selama tahu fundamentalnya, natural aja, pasti ngaruh

Ada dua kata kunci: Natural dan Fundamental

Sejatinya ilmu copyWriting adalah ilmu bagaimana mempengaruhi manusia lewat tulisan. Ketika seseorang berhasil memahami findamentalnya : apa yang sebenarnya mempengaruhi manusia, maka sebuah copywriting akan hadir secara natural dan berdampak.

Ilmu dari Dewa ini kemudian Saya jalankan di Sekolah Bisnis DuaKodiKartika dot com. Tanpa copywriting yang terstruktur di sales page, tanpa struktur teknis marketing yang kompleks, Sekolah Bisnis Dua Kodi Kartika alhamdulillah meraih member dengan jumlah yang cukup signifikan.

Kekuatannya sederhana, karena Saya telah menyadari fundamental dari copywriting dan bagaimana menjalankan sebuah copywriting secara natural.

Hal inilah yang menjawab pertanyaan beberapa orang, mengapa kok belum closing, padahal struktur copywritingnya sudah di copaste habis, tapi mengapa hasilnya berbeda?

Mungkin saja, Anda belum memahami fundamental dari copywriting dan tidak hadir secara natural.

Ada baiknya belajar memahami fundamental copywriting agar Anda dapat menggunakannya dengan baik dan berdampak. Silakan baca-baca pembelajaran copywriting di http://bit.ly/dkkmahir

Selamat Belajar.

Rendy Saputra
CEO Keke Busana

Leave a Reply

Close Menu